MY OPINION ABOUT "PACARAN"
Definisi pacaran on my version yaitu "Sepasang manusia yang memiliki hubungan lebih dari teman dan saling terikat". Bener gak sih? So sorry guys kalo salah atau gak tepat. Gue sendiri bukan orang yang tahu menahu atau bahkan berpengalaman dalam hal pacaran. Malah anti banget sama yang namanya pacaran. Why? Bukan gue gak normal but, belom dapet izin hahaha. Saking gak dibolehinnya pacaran, WhatsApp gue hampir mau disadap sama Kakak gue, katanya sih biar tau isi chat gue apaan. Alhamdulillah banget hal itu gak beneran terjadi. Meskipun belum dapet izin berpacaran, gue pernah ngeyel. Gue juga penasaran lah gimana sih rasanya punya pacar?. Tapi gak pernah lama-lama guys karena akhirnya ketahuan juga.
Pernah waktu SMP gue punya pacar yang usianya lebih tua setahun. Ceritanya dia ngucapin selamat malam gitu di FB, sumpah alay banget kalo dipikir-pikir tuh ya, buat ngucapin selamat malam aja dipublish hmmm, dan karena itu di FB Kakak gue jadi tau, dia langsung chat gue buat putusin tuh cowok detik itu juga plus gue harus screenshoot bukti gue putusin doi. Gilaaa gimana caranya coba? Mutusin cowok tanpa sebab yang jelas?. Akhirnya gue mutusin doi tepat dihari jadi yang ke 2 bulan, at list dia ngucapin "happy mansive 2 month Diena, semoga kedepannya bisa blablablabla" dan gue malah jawab "gak kerasa ya udah 2 bulan, tapi kayanya selama 2 bulan aku gak nemu kecocokan sama Kakak, ma'af ya Kak, kayaknya lebih baik kita putus" . Dan itu masa pacaran gue paling lama. Selama 2 bulan itu juga kita gak pernah bener-bener ketemu (only chat) hha absurd emang. Pernah juga gue pacaran cuma 9 hari, intinya tergantung kapan gue ketauan sama Kakak gue.
Tapi, setelah gue pikir-pikir yang dilakuin Kakak gue itu ada baiknya juga. Karena lebih banyak negatif dari pada positifnya gue punya pacar. Ini sih opini gue, pastinya beda sama kalian-kalian yang setuju sama yang namanya "Pacaran". Ok, gue sebutin positifnya dulu di gue.
- Gak dikatain gak laku
- Ngerasa memiliki seseorang yang bisa kita minta tolong
- Bisa curhat terus dapet saran
- Penghilang rasa bosan
- Saat kita jatuh ada yang memotivasi
- Sebagai penyemangat
- Lebih jaga sikap dalam melakukan sesuatu (jaga image gitu, hahaha)
Negatif :
- Lupa waktu karena asyik chatting
- Sering bohong (menghindari tuduhan selingkuh tiap cowok diaku sodara, main game bilangnya abis nganter mama)
- Hidup gak ada privasinya karena ada orang yang ikut campur melulu
- Gak ada waktu me time karena dituntut kasih kabar terus
- Gak mandiri karena apa-apa minta tolong
- Suka gak fokus belajar karena ada hal lain yang dipikirin
- Galau ketika marahan
- Gak bisa jadi diri sendiri
- Gak bisa deket-deket temen cowok karena takut dikira selingkuh
- Gak bebas lakuin apapun yang kita mau
- Dosalah pastinya
Sebenernya sih masih banyak hal postif maupun negatif yang gak bisa gue sebutin. Gue gak pro juga gak kontra sama pacaran. Tergantung sama prinsip orang masing-masing. Kalau semisal lo asalnya rangking 11 dikelas dan tiba-tiba rangking 1 karena lo punya pacar, termotivasi jadi sosok yang lebih baik ya, gak apa-apa lo setuju. Tapi kalo sebaliknya ya mikir lagi deh, masa lo mau rangking lo turun cuma gara-gara lo gak ada waktu belajar karena tiap malem harus nemenin doi chatting? Pikir-pikir lagi deh.
Toh pada akhirnya yang kita butuhin itu pasangan yang satu visi sama kita, coba lo perhatiin sekitar lo, kenapa banyak orang yang pacaran dari SMA bertahun-tahun kemudian gak jadi nikah? Nikahnya malah sama orang lain yang kenalnya cuma beberapa bulan? Why? Seperti yang gue bilang, pada akhirnya kita cuma butuh orang yang satu visi sama kita. Maybe, beberapa dari kita suka menilai seseorang itu dari penampilannya dulu. termasuk gue sendiri, but trust me guys itu gak bakal worth it di masa depan.
Cepat atau lambat lo juga bakal paham, kita gak butuh cowok/cewek yang keren, pinter, tajir, atau perfect dalam segala hal. Yang kita perlu cuma sesorang yang satu visi sama kita, ngedukung apapun jalan pilihan kita, apapun passion kita. Gue kasih contoh, banyak orang yang dulunya musuhan di SMA tapi nikah cuma gara-gara reuni. kesimpulannya kita gak pernah tau siapa orang yang akan cocok sama kita di masa depan. Banyakkan cowok ngelarang istrinya kerja karena kedudukan istrinya lebih tinggi dari pada dia sendiri. Padahal istrinya udah nempuh pendidikan sampe S2. Akhirnya mereka cerai karena menurut si cowok, istrinya gak becus ngurus rumah tangga. Itu salah satunya, jadi kita harus pilih orang yang emang mau dukung passion kita, bukannya jadi penghalang jalan pilihan kita.
Atau lebih sering lagi, cewek larang cowoknya ngelakuin hobbinya sendiri, semisal si cowok suka futsal, tapi karena si cewek nuntut buat di temenin mulu dan gampang marah kalau cowoknya gak ada kabar. Otomatis cewek itu udah menentang passion si cowok. bisa jadikan cowok itu punya potensi buat jadi pemain sepak bola, tapi karena ceweknya yang gak satu visi itu si cowok gak punya waktu buat ngasah skillnya dia.
Intinya pacaran atau gak pacaran itu terserah gimana masing-masing orang. tapi jangan sampai dengan lo pacaran masa depan lo jadi gak bisa terwujud, cuma karena pacaran dengan orang yang yang gak satu visi waktu berharga lo jadi sia-sia gitu aja. cukup sekian opini gue tentang pacaran, terimakasih buat kalian yang udah nyempetin waktu buat baca opini absurd ini.
Cepat atau lambat lo juga bakal paham, kita gak butuh cowok/cewek yang keren, pinter, tajir, atau perfect dalam segala hal. Yang kita perlu cuma sesorang yang satu visi sama kita, ngedukung apapun jalan pilihan kita, apapun passion kita. Gue kasih contoh, banyak orang yang dulunya musuhan di SMA tapi nikah cuma gara-gara reuni. kesimpulannya kita gak pernah tau siapa orang yang akan cocok sama kita di masa depan. Banyakkan cowok ngelarang istrinya kerja karena kedudukan istrinya lebih tinggi dari pada dia sendiri. Padahal istrinya udah nempuh pendidikan sampe S2. Akhirnya mereka cerai karena menurut si cowok, istrinya gak becus ngurus rumah tangga. Itu salah satunya, jadi kita harus pilih orang yang emang mau dukung passion kita, bukannya jadi penghalang jalan pilihan kita.
Atau lebih sering lagi, cewek larang cowoknya ngelakuin hobbinya sendiri, semisal si cowok suka futsal, tapi karena si cewek nuntut buat di temenin mulu dan gampang marah kalau cowoknya gak ada kabar. Otomatis cewek itu udah menentang passion si cowok. bisa jadikan cowok itu punya potensi buat jadi pemain sepak bola, tapi karena ceweknya yang gak satu visi itu si cowok gak punya waktu buat ngasah skillnya dia.
Intinya pacaran atau gak pacaran itu terserah gimana masing-masing orang. tapi jangan sampai dengan lo pacaran masa depan lo jadi gak bisa terwujud, cuma karena pacaran dengan orang yang yang gak satu visi waktu berharga lo jadi sia-sia gitu aja. cukup sekian opini gue tentang pacaran, terimakasih buat kalian yang udah nyempetin waktu buat baca opini absurd ini.

Curhat teh dena??wkwkwkw jangan pacaran mulu ya teh dena
ReplyDeleteIya tasyaaa juga yaaa jangan pacaran dulu nanti nilainya turun hmmm
DeleteBagus banget ih opininya tentang pacaran nya dien
ReplyDeleteMakasih shoppy hhe
DeleteVery good👍🏻
ReplyDeleteThankyouuu
DeleteNice.. I like it
ReplyDeleteTerimakasiiiiiihhhhhhhh eh thank you
DeleteWaaaah bermanfaat sekali, setuju sama opininya
ReplyDeleteTetamkasiiih teh iviii
DeleteWaaaah bermanfaat sekali, setuju sama opininya
ReplyDeleteNuhun 2
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteEh ko di hapus sih hha
DeleteBagus ceritanya dien 😊
ReplyDeleteTerimakasih jihaaaan
DeleteCeritanya baguss syekaliii
ReplyDeleteTerimakasih agne
DeleteOpini yg bagusss��
ReplyDeleteMakasih eh yaa dian
DeleteCeritanya bagus👍
ReplyDeleteTerimakasih fahri, jangan cuma dibaca dicerna juga ya, jangan pacaran kalo itu negatif buat fahriiii, eh kan kamu gak punya pacar ya, maaf mhehehe
DeleteCeritanya bagus👍
ReplyDeleteok bthanks
DeleteBaguss, semoga sajaaa dena berjodoh dengan cinta di masa smp mu :')
ReplyDeleteYang mana? Gak diaminin deh maunya berjodoh sama yang satu visi sama diena eaaaks hha
DeleteCeritanya bagus diena
ReplyDeleteDuuuh makasih yaa eva
DeleteOpini nya bagus
ReplyDeleteMakasiiiiih
Deletehnggggg saya gapernah pacaran mbae:( tapi bagus opininya, ga pro ga kontra... jd ga nimbulin perdebatan antar netijen wkwkwkw
ReplyDeleteAnti netizen netizen nyinyir club hha
DeleteOpini nya bgus😍
ReplyDeletemakasiiiiiih
DeleteOpini nya bgus😍
ReplyDeletemakasiiiih
DeleteOpini nya bgus😍
ReplyDeletemakasiiiih
DeleteTulisan yang bagus ka Diena :) Suka banget. PACARAN satu kata yang banyak arti sih kalo menurut aku. pro kontra pacaran itu udah biasa. tapi yaa itu balik lagi ke kita, dan bagaimana kita menyikapinya. Beberapa orang berpikiran 'pacaran itu normal, soalnya kan ciri ciri remaja' tapi beberapa yang lain berpikir " pacaran itu dosa". so, saya lebih setuju ke pikiran kedua. pacaran itu dosa, yang ga dosa itu 'menyukai lawan jenis' nah itu baru ga dosa dan normal. But, itu balik lagi ke kita hehehe.
ReplyDeletesorry nyepamm wkwkwkkw
keep writing!!!
Mauu balass tapi bingung balas apa? Hmmm terharu deh ngena banget dibagian 'menyukai lawan jenis' baru gak dosaa hhe
DeleteOpininya bagus den,setuju😂
ReplyDeletemakasihhh ginaaaaa
DeleteOpininya bagus sekalee
ReplyDeletemakaseeeeeh
DeleteTema yang memang sedang hangat" nya khususnya di kalangan remaja , memang pro kontra tentang PACARAN itu pasti banyak dan banyak pula yang mengartikan dari hal tersebut. Menurut saya, jika si cowok benar-benar mencintai, persiapkan segalanya dan ikrarkan didalam ikatan janji suci;') Karena didalam agama Islam pun Pacaran itu Haram hukumnya,-
ReplyDeleteSekian dan Terimakasih;V
Terimakasih unknown, setuju deh sama yang unknown bilang :V
DeleteOpininya baguss den ��
ReplyDeleteehehehehe makasih yaaa rikaa
DeleteJangan pacaran berat biar aku saja
ReplyDeleteyasudaaah kamu saja deh yang kuat hha
DeletePacaran ribet ya den,, mending free aja asal aja freehatin :v wkwkw
ReplyDeleteheem ribedd bgt yang mending mah free tapi gk prihatin
DeleteCerita dan opininya bagus semuanya bagus pokona mah wkwkwk 👍
ReplyDeleteMakasih malvikxss
DeleteOpini yang sangat Daebakkkkk, setujulahhh opininyaaa buat aku yg juga belum pernah pacaran wkwkwkw😂
ReplyDeleteGomawooo agis, masa seh? hmmm gak yakin deh hha
DeleteBagus diena opininya
ReplyDeleteTerimakasih nilam hhe
DeletePanjang bacanya jadi komen we hungkul ah wkwk
ReplyDeleteTerimakasih sudah komen tanpa baca hmm wkwkwk
DeletePacaran wae kamu mah den
ReplyDeleteGak kebalikk yahamsyooong :v
DeleteHmm hmmm :v
ReplyDeleteHmmmm sabyan hmm
DeleteOpini yng wow❤
ReplyDeleteoh thanks yawn unniee
DeleteOpini yng wow❤
ReplyDeleteoh thanks yawn unniee
DeleteDi blog bahas ttg pacar pacarab nih,kode kah atau apaaa?:v
ReplyDeleteBaik dan buruknya pacaran,tergantung yg ngejalanin but org lain yg nilai. Ah semangat jomlooo denaqoeee😂
Cuma sharing bikos gak tau harus bahas apa, yang penting gak copas we hha
DeleteSetuju gak setuju sihh, but jangan pacaran dulu sih. Nanti aja pacarannya sama husband kalo udah nikah:v
ReplyDeleteIyaa kan kim taehyungnya juga masih di SK, lagi cari uang katanya biar bisa nganggur seumur hidup tanpa kekurangan uang wkwk
DeleteOpininya bagus banget dien :D haha
ReplyDeletehha makasih dehh
DeletePacaran?.. Jangan dulu ya teh dena.. Wkwkwkwk
ReplyDeleteSiapp teh yayuuuuu
DeleteOpini nya bagus Dena . So jangan pacaran dulu . Nanti aja sekalian biar dapet taehyung wkwkwkwk
ReplyDeleteamiiiiiiiiin semoga semogaaaa amminnn semoga
DeleteGood cerita nya dien❤
ReplyDeleteMakasihhh ismii
DeleteOpini nya bagus th denaa..
ReplyDeleteSangat bermanfatt..
di tungu karya2 mu lagi th denaa😊😉
iiyaaa lindaaaa makasih semoga iyaaa
DeletePacaran ? Dalam islam kan juga gaada yang namanya pacaran, adanya juga ta'aruf dan kalo ta'ruf biasa nya mau nikah dan kenal nya juga lewat pihak ke 3, jadi jangan dulu pacaran mending fokus belajar aja, teguhkan prinsip untuk gapai cita cita. Untuk ceritanya lumayan menarik untuk di baca terus tingakat lagi yaa.
ReplyDeleteKeep dreaming dreaming eaksss
DeleteAsa terang ka saha ieu mh:) tong waka pacaran dosa😂
ReplyDeleteKa asrii hha
DeleteNahh teh dena nya jgn pacaran mulu yaa. Udah ga diraguin lagi sii kalo ceritanya buatan dena mh wkw
ReplyDeletePacaran si cuma ldr sama yang di south korea eakss :v
DeleteCeitanya bagus dan menarik, bisa jadi pengetahuan juga.:)
ReplyDeleteTerimakasih a alhamdulillah hhe
DeleteBaguss diena, btw diena kayak yang curhatt wkwk
ReplyDeleteiyaa ness curhat ini mah hha
DeleteBagus, jangan dulu pacaran lebih baik
ReplyDeleteiyaaa sipp thnksss
DeleteOpininya dan ceritanya bagus den.di tunggu postingannya
ReplyDeleteiyaaaa ok sip adoooo
DeleteWah edisi curhat inimah, ko aku baca kaya yang kesindir ya,,
ReplyDeleteintinya terimakasih lah kepada kaka kaka mu yang sedikit over protective itu, mungkin itu salah satu cara mereka menyampaikan rasa sedikittttttt khawatir nya terhadap kamu. Kalau aku jadi kamu sih aku akan bangga banget punya kaka seperti itu XD.
Nah Kalau menurut aku sih, penyampaian opini yang kamu buat sedikit lumayan lah bisa di mengerti lah oleh kaum kaum netizen netizen yang sedikit awam, semangat terus ya diena dalam menulis cerita nya,
walaupun sekarang cerita yang kamu buat sedikit kurang epic, apalagi kalau dibandingin dengan 'neal shusterman' sangat jauh. tapi mungkin di masa depan kamu bisa menjadi penulis seperti yang kamu cita cita kan. ..
Sekian komentar dari saya.
"Kamsamida black pink in your area".
Iyaaa kok kesindir sih? Padahal gak niat nyindir lho. Hha iyaa kamsamidaaa unnie jisoo bangga punya kakak yang sedikit over protektif kayaa lisaa blackpink hha. Taro lah 10 tahun lagi buku saya akan jadi best seller diseluruh penjuru dunia hha
Deletemenurutku sihh walaupun pacaran ada positifnya tetep haram gak boleh ya dalam islam hahaha
ReplyDeletehemmm betul sekali uniieeee
DeleteBeribu-ribu kata untuk mumuji tpi satu kata untuk kamu punten😐
ReplyDeletemangga
DeleteBeribu-ribu kata untuk mumuji tpi satu kata untuk kamu punten😐
ReplyDeletemangga
DeleteAlus opini na matak bikin memotifasi
ReplyDeletenuhunn ah
DeleteEa curhat ceritanya :u but itu bahasa nya campur" ya :"" kalau bisa full indo ea
ReplyDelete#But Good
heem curhat pak hha, thnks buat sarannya
DeleteSemoga kakanya cpet dapet
ReplyDeletegebetan 😂 biar gak larang2 adenya wkwk
amiiiin doain ajaa
DeletePacaran? Yang kutau pacaran itu yang di kuku gening:(
ReplyDeletekutekkan
DeletePacaran? Yang kutau pacaran itu yang di kuku gening:(
ReplyDeletekutekkan
DeleteWaaaah sangat setuju sekali, opini nyaa bagusss
ReplyDeletewaaaah makasiiihhh
DeleteLebih ditingkatkan yaaa semangat
ReplyDeletesipppp semangattt 45 hha
DeleteBagus tingkatkan lagi
ReplyDeleteok terimakasiiih ya udah komennn
DeleteBagus opininya.di tunggu postingan selanjutnya
ReplyDeleteok adooo
DeleteKeren, bermanfaat sekali nih :"
ReplyDeletehhi makasiiih yaaa
DeleteKeren lah opininya sangat menginspirasi anak2 muda
ReplyDeleteamiiinnn semoga setelahh membaca ini orang jadi termoyivasi yaa
DeleteWihh opininya menarik, terus berkarya dan tingkatkan lg eaa
ReplyDeleteeeeaaaa tengkyuuu eaaaks
DeleteCeritanya menarik sekali
ReplyDeletehmmmm makasihhh hmmm
Deletejangan lah berpacaran karena setiap detik dan waktunya haram
ReplyDeleteok sip alung juga yaaa naha
Deletejangan pacaran lah den , jang naon wkwkw
ReplyDeleteteu nanaon ngan nanaonan wid hhi
Deleteartikelnya bagus, banyak pengalaman yang dipetik
ReplyDeleteaaaah terimakasih yaa diannn
Deletedaripada pada pacarana mending ta'arufpan itu kan lebih baik
ReplyDeletebener bangettt apinnnn hhe
Deletejadilah jmblo fisyabilillah:)))))
ReplyDelete@indahsetiani51
Udah sekarang mah belajar yang bener aja,aukses dulu yaaa hehe smgttt syggg
DeleteOky bgus, perjuangkan terus
ReplyDeleteOky bgus, perjuangkan terus
ReplyDeletebismillah, saya Lisa Blackpink langsung saja ya. topik yang diangkat udah bagus, tapi lebih baik lagi jika topik tersebut dikembangkan. dari gaya penulisan, kayanya masih agak kaku, mungkin karena masih awal, enjoy aja shayy. selebihnya lagi udh bagus. rajin aja nulis biar terlatih. tengkyuuuuuu 💛
ReplyDeleteLisa blckpink? Hmmm kamsamida gomawoyoooo dari jisoo blackpink wkwk
DeleteBener gua sependapat sama lu den, gak pro gak kontra mengenai pacaran . Tergantung kita menyikapinya.
ReplyDeleteMenarik, ditunggu nenxt tulisannya. Good luck!
Aaaak thanks dilla
DeleteSangat menarik di tunggu cerita selanjutnya
ReplyDeleteBagus opini nya, emang bener sih klo dipikir pikir pacaran emang banyak ruginya,terutama buat si cowo.tpi ya klo namanya udah suka emang susah jg klo trs trs an dipendem sendiri wkwk
ReplyDeleteand that's my opinion..
Hi den! Sudah lama tidak bersua haha
ReplyDeleteNgomong - ngomong aku setuju sama opinimu tentang 'pacaran harus satu visi'. Banyak org yg rela ngorbanin waktu, tenaganya atas nama 'cinta' haha padahal pasangannya itu bener2 bertolak belakang sama kita. And that was me, when i was 15-18 haha 😂
Gak nyangka aja opinimu tentang pacaran ternyata bijak untuk ukuran 17 tahun.
Oh iya, jarak antara paragrafnya menurutku terlalu jauh jd keliatannya gak rapi hehe. Overall, it's nice article.
Ditunggu tulisan dan opinimu mengenai fenomena lain ya dek. Semangaaat!